Pengantar Teknologi Blockchain Dilengkapi dengan Praktikum Pembuatan Konseptual Blockchain dengan Javascrip

  • Purwono Purwono Universitas Harapan Bangsa
Keywords: pengantar, blockchain, praktikum

Abstract

ISBN: 978-623-88102-0-8

Teknologi blockchain terus berkembang dan menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Teknologi ini telah meresap ke berbagai sektor kehidupan dan memengaruhi kehidupan nyata. Buku ini disajikan sebagai pengantar terhadap teknologi blockchain, dimulai dari motivasi di balik penciptaan blockchain, cara kerja blockchain, hingga detail teknis bagaimana teknologi ini beroperasi. Untuk mendalami pemahaman tentang blockchain, penulis selanjutnya menyajikan pelatihan sederhana dengan mengimplementasikan konsep blockchain secara praktis menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Konsep-konsep tentang cara kerja blockchain dipresentasikan dalam bentuk praktikum yang memberikan gambaran menyeluruh tentang bagaimana teknologi ini beroperasi secara rinci dan jelas. Buku ini sangat sesuai bagi pemula yang masih bingung memahami cara kerja blockchain secara nyata.

References

Bashir, I. (2017). Mastering Blockchain. Packt Publishing Ltd.

Dannen, C. (2017). Introducing Ethereum and Solidity (Vol. 1, pp. 159-160). Berkeley: Apress.

Lee, W. M. (2019). Beginning Ethereum Smart Contracts Programming: With Examples in Python, Solidity, and JavaScript.

Riadi, I., Ahmad, T., Sarno, R., Purwono, P., & Ma’arif, A. (2020). Developing Data Integrity in an Electronic Health Record System using Blockchain and InterPlanetary File System (Case Study: COVID-19 Data).

Segendorf, B. (2014). What is Bitcoin. Sveriges Riksbank Economic Review, 2014, 2-71.

Antonopoulos, A. M., & Wood, G. (2018). Mastering Ethereum: Building Smart Contracts and DApps. O'Reilly Media.

Vujičić, D., Jagodić, D., & Ranđić, S. (2018, March). Blockchain Technology, Bitcoin, and Ethereum: A Brief Overview. In 2018 17th International Symposium Infoteh-Jahorina (Infoteh) (pp. 1-6). IEEE.
Published
2022-06-30
Section
Articles