Pengantar Desainpreneur dalam Menembus Marketplace Digital Internasional

  • Purwono Purwono Universitas Harapan Bangsa
  • Puji Priono SMA PGRI Gumelar
  • Dimas Febri Kuncoro Universitas Harapan Bangsa
Keywords: desainpreneur, wirausaha, figma, photoshop, envato

Abstract

Ketrampilan digital menjadi sangat penting untuk generasi muda. Generasi ini sudah terbiasa dengan adanya transformasi digital yang begitu cepat. Kecepatan perkembangan digital ini menuntut generasi muda agar dapat bersaing dalam pasar nasional ataupun internasional. Salah satu keahlian digital yang patut ditekuni yaitu desain grafis. Keahlian ini masih sangat dibutuhkan pada era digital. Berbagai profesi penting tentunya membutuhkan desain grafis yang apik dan modern. Desainpreneur menjadi salah satu profesi yang sudah mulai banyak digemari oleh generasi muda karena banyak peluang digital yang bisa didapatkan. Buku ini menjelaskan tentang bagaimana menjadi seorang designpreneur yang siap terjun pada marketplace internasional. Buku ini memberikan bekal bagaimana mendesain template yang baik untuk berbagai jenis desain seperti flyer, banner, cover, desain aplikasi mobile, desain web dan sebagainya. Buku ini juga fokus pada penggunaan figma dan adobe photoshop. Langkah-langkah penting dalam mendesain hingga siap dikirimkan pada marketplace internasional dijelaskan secara bertahap. Besar harapan kami agar buku ini bisa bermanfaat khususnya untuk generasi muda yang ingin mencoba profesi sebagai desainpreneur

References

Posumah, R. Y., Prasetyanti, R., & Gati, R. A. (2023). Through Local Wisdom: A Policy Road for Bali's Post Pandemic Economic Recovery. KnE Social Sciences, 632-642.

Fernando, A. (2012). Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Design Entrepreneur School di Yogyakarta (Doctoral dissertation, UAJY).

Liem, C. M., Kusumowidagdo, A., & Indrawan, S. E. (2015). Belajar Sambil Bermain Lewat Desain. Aksen: Journal of Design and Creative Industry, 1(1), 43-50.

Putra, Z. F. F., Ajie, H., & Safitri, I. A. (2021). Designing A User Interface and User Experience from Piring Makanku Application by Using Figma Application for Teens. IJISTECH (International Journal of Information System and Technology), 5(3), 308-315.

Staiano, F. (2022). Designing and Prototyping Interfaces with Figma: Learn essential UX/UI design principles by creating interactive prototypes for mobile, tablet, and desktop. Packt Publishing Ltd.

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 10(2), 208-219.

Cosgrove, M. A. (2020). Values driven responses to crisis: Envato, Human Union, and the UBI. TheAustralian Humanist, (138), 18-21.

Killen, M., & Killen, M. (2019). Outsourcing the Scalable Process. From Single to Scale: How a Single Person, Small Business, or an Entrepreneur Can Grow Their Business to Profit, 169-183.
Photoshop, A. (2021). Adobe Photoshop. Preuzeto, 29, 2021.
Published
2023-10-08
Section
Articles